Qurban Sapi di Masjid Nurul Amin

Allahu Akbar, Allah Maha Besar.

Alhamdulillah hari ini Sabtu, 27 Okt 2012 Jamaah Masjid Nurul Amin Ganjar Agung Kota Metro dapat melaksanakan pemotongan hewan qurban Idul Adha 1433 H. Pada Tahun ini Alhamdulillah tahun ini dapat menyembelih 7 ekor sapi dan 14 ekor kambing.

Dari jumlah hewan korban sapi tersebut berkat kesadaran jamaah akan pentingnya melaksanakan syariat Islam dengan ber qurban.  Dari blog ini bisa disampaikan bahwa terkumpulnya jumlah sapi 7 ekor tersebut berkat ide jamaah 5 tahun lalu dan dilanjutkan hingga tahun ini.

Lima tahun lalu ada ide bagaimana meningkatkan jumlah jamaah untuk berqurban, terutama sapi. Yang pada awal-awalnya jumlah kambing qurban bisa mencapai 35-an ekor, tetapi sapi belum ada. Dari ide tersebut dikembangkan agar bisa beralih ke sapi. Pertimbangannya adalah jumlah daging sapi 1 ekor dengan 7 ekor kambing , daging sapi lebih banyak. Sedangkan harga yang hampir sama dengan harga  7 kambing , lebih menguntungkan dari  segi jumlah daging.

Akhirnya dicarilah anggota jamaah yang mau berqurban hari raya qurban berikutnya, dengan cara menabung bulanan selama 10 bulan. Menabung dimulai bulan beikutnya setelah Dzulhijah hingga 10 bulan. Pertimbangannya masih ada waktu dua bulan untuk memesan sapi yang akan digunakan untuk qurban. Pertama kali dikumpulkan perbulan Rp. 120.000 selama 10 bulan , maka per orang terkumpul Rp. 1.200.000 x 7 orang anggota per sapi Rp. 8.400.000. Alhamdulillah  dengan harga tersebut dapat seekor sapi rata-rata dagingnya 60 – 80 kg per sapi. Jika di bandingkan kambing rata-rata harga Rp. 1.200.000 per ekor didapat daging 6-8 kg/ekor artinya jika dikalikan 7 ekor kambing maka terkumpul 56 kg . Belum lagi jika ditinjau dari kulit, kepala, tulang, jeroan, tentu sapi lebih banyak.

Pada tahun ini dari jumlah daging sapi dan kambing yang terkumpul bisa dibuat 450 paket dengan per paket 0,8 kg daging + tulang + kulit + jeroan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: